Furniture mebel jati seperti sofa, kuris tamu, almari, tempat tidur dan perabot rumah tangga lainnya membutuhkan perawatan khusus agar awet dan terlihat mengkilap. Apalagi jika perabot yang anda miliki terdapat ukiran. Berikut beberapa tips merawat furniture kayu jati yang bisa anda lakukan agar perabot kesayangan anda tetap mengkilat dan awet.

  • Posisikan mebel anda pada tempat yang bersih dan kering dengan suhu normal. Suhu yang terlalu lembab dapat menyebabkan proses oksidasi kayu dan mengakibatkan jamur. 
  • Hindarkan mebel anda dari sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat furniture anda terlihat kusam, lapisan retak atau melengkung.
  • Pastikan furniture anda selalu bersih dengan rutin membersihkannya menggunakan lap atau kemoceng untuk bagian sela sela atau ukiran anda bisa membersihkannya menggunakan kuas kecil.
  • Hindarkan perabot khususnya meja dari sentuhan langsung benda panas atau dingin, pasang taplak atau beri lapisan kaca pada meja tersebut. Dan biasakan menggunakan tatakan atau alas saat menaruh makanan atau minuman di atas meja.
  Untuk menjaga agar mebel jati anda tetap mengkilat anda bisa menggunakan bahan bahan berikut dan mempraktekannya pada mebel anda.

Biji Kemiri.
Selain untuk menghitamkan rambut biji kemiri juga bermanfaat untuk merawat furniture, caranya dengan membakar 5 biji kemiri sampai keluar minyaknya. Bungkus kemiri dengan kain halus dan hancurkan dengan cara dipukul, kemudian gosok mebel anda dengan kemiri yang dibungkus kain halus tadi.

Air Teh.
Seduh beberapa kantong teh dengan satu liter air atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Diamkan selama kurang lebih 12 jam, kemudian celupkan kain lap hasul kedaalam rendaman air teh tersebut lalu peras. Gunakan lap kain halus tersebut untuk membersihkan permukaan furniture jati anda.

Demikianlah Tips merawat furniture kayu jati yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Post Comment

Posting Komentar

 
Top